Rabu, 24 Juli 2013

UNTUK KELAS 8 ( Cara Penggnaan Menu dan ICon Pada Menu Bar)

1.   Menu Bar
      Dalam Microsoft Word terdapat perintah-perintah yang digunakan untuk mempermudah dalam pengoprasian. Perintah tersebut terkumpul dalam baris menu. Berikut adalah menu yang terdapat pada MS. Word dan beberapa perintah yang sering digunakan pada Microsoft Word.

a.   Menu File
      Memuat perinyah yang berhubungan dengan pengaturan file dokumen. Contoh nya print, open, new, save, close dan lain-lain.
b.   Menu Home
      Memuat perintah berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen. Contoh nya, Bold, italic, underline, copy, paste, center, justified, font size, font colors, dan lain-lain.
c.   Menu Insert
      Digunakan untuk menambahkan objek ke dalam dokumen, seperti table, shape, word art, equation dan lain-lain.
d.   Page Layout
      Digunakan untuk mengatur halaman lembar kerja yang kita gunakan. seperti, size, orientation (landscape, portrait), column,  margin, page number, watermark dan lain-lain.
e.    Reference
       Digunakan untuk memasukan catatan atau yang berhubungan dengan tambahan-tambahan lain nya yang berhubungan dengan pengaturan tulisan tambahan. seperti insert footnote, table of contents dan lain-lain.
f.     Mailing
       Digunakan untuk menimport data (mengalihkan data) dari Microsoft Excel atau mengirimkan data kita langsung melalui E-mail
g.     Menu Format
        Digunakan untuk mengatur format sebuah document.
h.      Menu Tools
        Digunakan untuk pengecekan bahasa, ejaan, tata bahasa, pedoman kata, pembuatan macro, dan sebagai nya.
i.     Menu table
        Digunakan untuk membuat table atau kolom, mengedit table, memformat model table, atau melakukan perhitungan matematika.
j.      Menu Equation
        memuat perintah yang digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol aljabar, statistik, trigonometri, dan sebagainya
k.     Help
        Digunakan untuk meminta bantuan kepada ms word apabila kita tidak mengerti atau tidak tahu dari salah satu tombol atau program yang ada pada tampilan ms word. Serta biasa nya dari menu help ini akan menampilkan document mana atau apa saja yang pernah dibuka pada microsoft word.
l.      View
        Digunakan untuk mengatur atau mengedit tampilan lembarkerja kita, seperti ruler, gridlines,zoom, thumbnail, dan lain sebagainya
m.    Review
       Digunakan untuk mengecek pengejaan kata, biasa nya apabila kita mengetik dengan ejaan bahasa diluar bahasa inggris maka akan keluar garis merah dibawah kata tersebut, atau menggunakan bahasa inggris yang salah penulisan nya maka akan keluar garis merah, serta tata bahasa inggris yang kurang tepat akan keluar garis hijau dibawah kalimat tersebut.

2.    Submenu
       Submenu adalah menu tambahan yang terdapat pada sebuah menu. Submenu ini apabila di klik tidak akan menjalankan sebuah perintah akan tetapi memunculkan perintah yang terdapat pada submenu tersebut.

3.   Menu Pop Up
      Menu pop up adalah menu yang muncul apabila kita mengklik mouse sebelah kanan. Sebagai contoh kita mengblok sebuah kata atau kalimat kemudian kita mengklik sebelah kanan mouse kita maka menu Pop Up yang akan keluar adalah yang berhubungan dengan pengaturan teks, atau contoh yang lain apabila kita meletakan kursor kita pada table maka menu pop up yang keluar itu pengaturan table dan pengubahan model table.



ini materinya silahkan COPAS (copy paste)

Tidak ada komentar: