Kamis, 18 Juli 2013

UNTUK KELAS 9 ( SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET)



SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

          pada tahun 1969 Departemen Petahanan Amerika telah mengembangkan dan menggunakan jaringan untuk penelitian militer di bidang informasi dan telekomunikasi, sekaligus upaya membangun system informasi yang handal di bidang keamanan yang dikenal dengan nama ARPA net ( Advanced Research Projects Agency Network). yang pada awal nya digunakan untuk membangun jaringan telekomunikasi antara pangkalan-pangkalan militer.
          Setelah itu UCLA ( University of California Los Angles ) di berikan izin untuk mengkomersilkan jaringan tersebut pada tahun 1990.
          Kemajuan teknologi pada zaman itu mampu menyebarluaskan informasi dengan sangat mudah tanpa batas balik waktu maupun ruang.
          Revolusi ini ditandai dengan diciptakannya perangkat pendukung untuk menjalin hubungan antar orang, atau antar Negara. Teknologi pada saat itu mampu membantu mereka berhubungan jarak jauh dengan sangat canggihnya dan memberikan Informasi yang sangat banyak dengan media Internet, seperti saat ini kita rasakan.
          jaringan Internet merupakan kebutuhan manusia pada saat mendatang. Teknologi akan masuk disegala aspek kehidupan. di Indonesia para provider yang sampai sekarang menyediakan layanan seperti PT Telkom, PT Indost dan Ratelindo.
jadi penemuan computer telah disempurnakan oleh Internet dala hal telekomunikasi, maka bias disimpulkan computer penggunaan secara luasnya itu adalah untuk Internet.
          Di Inggris telah dikembangkan system belajar jarak jauh dengan menggunakan Internet yaitu Open University . jadi mahasiswa tidak perlu dating ke kampus untuk belajar akan tetapi hanya berselancar di internet untuk mendapatkan materi yang diberikan oleh dosen dan para mahiswa juga sudah belajar secara mandiri dengan metode ini. Dengan metode ini mereka merasa telah menghemat beribu-ribu buku dan kertas yang digunakan dari awal pembelajaran sampai selesai. Internet juga telah dilengkapi beberapa hiburan dan berjuta informasi yang dapat kita akses setiap saat.
          Dalam beberapa tahun terakhir Internet digunakan di bidang militer, perusahaan, pendidikan, perkantoran ataupun organisasi. Jumlah pengguna internetpun terus menerus meningkat seiring dengan cara penggunaan nya yang sangat mudah, yaitu dapat diakses dengan menggunakan telepon genggang atau Celluler .
          Berdasarkan data statistic, pertumbuhan Internet di dunia dapat dilihat sebagai berikut :
1. Pada akhir 1994 sudah terdapat 3 juta host, dimana setiap host memiliki 30 pengguna
2. Pada akhir 1995 sudah lebih dari 30 juta pengguna internet.
3. Diperkirakan pada saat ini semua orang sudah terhubung internet.

          Jadi kesimpulannya adalah Internet pada awal mulanya digunakan untuk dunia kemiliteran kemudin dikembangkan untuk kehidupan sehari-hari hingga sampai sekarang.

mangga nukarasep  nugareulis di Copas (Copy Paste).

1 komentar:

MR Firman Centre mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.